Thursday 31 December 2015

[Fanfitc Review] fate/apple of eden oleh Ge Utage

Welcome to the kid side...jeff[d] kid kali ini akan melakukan review untuk sebuah fanfict. fanfict berikut adalah fanfict yang dibuat berdasarkan Light novel yang sangat terkenal yaitu Fate. tapi ada sedikit perbedaan dari fanfict ini yaitu isinya yang tidak seperti fanfict malah cenderung mirip web novel / light novel. jika anda ingin membaca Fanfict Novel ini silahkan klik link fb author atau bergabunglah dengan grup fb "Light Novel Indonesia Evolution (LiNE).


Title: fate/apple of eden
Alternative Title: f/a.e
Genre: Fan Fiction, Fantasy, Action, Slice of Life
Author: Ge Utage Fb
Status: Ongoing (hopefully so …)

Cerita (prolog) diawali oleh petualangan para penjelajah yang entah kenapa? bisa menemukan sebuah oasis yang mereka cari "Taman Firdaus". kemudian entah kenapa pemimpin penjelajah itu bisa ditunjuk sebagai orang terpilih (peserta perang buah terlarang). sampai disini ceritanya belum terlalu aneh, namun saya tetap bisa menemukan kejanggalan yang membuat saya harus memprotes sesuatu disini.

Pertama, bagian ini:

Tim penjelajah terkejut mendengar suara tiba-tiba itu. Mereka lalu mencari ke sana ke mari asal suaranya. Ketemu: seorang wanita berambut hitam panjang, yang duduk dengan santainya di dahan tertinggi sebuah pohon mati.
 Sekilas memang tidak terlihat aneh, tapi maaf kaca pembesar di mata  kanan saya agak sensitif. menurut saya kata "kesana ke mari" itu kurang tepat digunakan disini, kesannya seperti semua orang malah mencari asal suara itu ke segala arah, misalnya kesemak-semak atau semacamnya, tapi yang mereka lakukan hanya melirik/ memalingkan wajah mereka sekitarnya saja. untunglah ini masih bisa ditolerir, anggap saja sebuah majas.


Lord Kiefer segera mengambil kesimpulan:

Saya tidak tau apa alasan penulis menggunakan titik dua (mungkin sebagai ciri khas tulisannya) untuk menjelaskan bagian itu tapi ini membuatnya terdengar ambigu apa Lord Kiefer itu mengatakannya dengan suara atau dengan hatinya. tapi saya mengira-ngira ini pasti perbuatan hatinya, jadi masih bisa ditorelir juga. Protes selanjutnya datang dari kata berikut

 Rasa sakit yang teramat perih mencuat dari punggung tangan kanan Lord Kiefer.
Aku tidak tau kenapa tangan orang ini tiba-tiba sakit, tidak ada yang menjelaskan kalau muncul sesuatu disana, mungkin tangannya tiba-tiba berdarah? tapi untuk orang yang sudah membaca Novel Fate bisa menduga kalau pasti muncul semacam simbol disana. bagian ini tidak akan aneh kalau tujuan /targt pembaca adalah penggemar Fate.

oke kita lupakan 3 hal menyakitkan di atas karena aku bukan editor tapi komentator. sekarang kita akan bahas isi dari fanfict novel ini.

Setelah saya membaca dengan seksama dan berulang ulang, sepertinya memang tidak bisa ditemukan kesalahan apalagi typo disini. Tentu saja Fanfic Novel ini sepertinya sudah mengalami beberapa kali perbaikan, dan juga sudah mendapat kritik dan review dari pihak lain cukup banyak, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. hanya saja ada satu hal yang tidak saya mengerti, kenapa prolog menggunakan latar 1 bulan yang lalu tapi chapter 1 malah 3 bulan yang lalu. padahal di chapter 1 Buah terlarang sepertinya sudah memilih pesertanya

Selanjutnya tentang karakter, saya tidak tau siapa tokoh utama di fate ini tapi sepertinya memang dirancang begitu, meski begitu saya lebih prefer ke athaliah dan servantnya. jika digambarkan sebagai main char, kombinasi dua orang ini tergolong unik, dimana servant untuk tokoh utamanya malah mendapat kemampuan yang tergolong lemah. meski kemampuannya  lemah tapi sepertinya servant ini punya cara sendiri untuk menang dengan kelicikannya. dengan konsep seperti ini memang sangat tepat untuk lebih mengembangkan kemampuan servant ini dibanding tuannya untuk kedepan. dengan begitu saya menanti kisah yang berbeda dari pasangan ini.

Di chapter selanjutanya, sepertinya muncul tokoh baru lagi, padahal cerita dari tokoh pertama dan kedua blum mengalami kemajuan. menurut hemat saya, ini terlalu boros, akan lebih baik kalau karakter ini dipertemukan setelah dia mendapat kekuatan, kemudian baru diungkapkan latar belakangnya yang menyedihkan. dengan begitu akan lebih nge-feel lagi.

Secara keseluruhan, gaya bahasa disini sudah terasa baik, pembawaannya juga tidak kaku, fiksi dan fantasinya juga sangat terasa dengan membawa sesuatu dari dunia fate sendiri. sesuatu yang kurang hanya terjadi pada chapternya yang terlalu pendek untuk dibaca, sehingga dichapter-chapter awal ini blum terjadi konflik yang menarik, kecuali konflik batin pada masing-masing karakternya. Penulis harusnya sedikit hati-hati dengan alur seperti ini, karena jika terlalu lama mengeluarkan konfliknya maka pembaca mungkin akan pergi sebelum masuk ke cerita intinya.

meski sedikit telat, konflik sepertinya mulai keluar di chapter III, disini penulis mengubah sudut pandangnya menjadi orang pertama, dengan begitu jelaslah kalau karakter utama disini adalah tohsaka dan servantnya yang imut(warning: trap detected). Saya tidak akan membaca lebih jauh lagi untuk keperluan Review ini, selanjutnya saya serahkan kepada pembaca saja.

Saya sebenarnya tidak ingin menilai karya orang, tapi jika harus maka saya akan memberikan nilai 5/10 untuk sebuah fanfict dan nilai 3/10 jika ini hanya sebuah webnovel.

bagi anda yang mau Ln, fanfict, atau tulisan kamu direview ala Jeff[d]kid silahkan kirimakan alamat website atau linknya ke kolom komentar atau fb saya.

See you for the next Illusion....


tertanda

Jeff[D]Kid

No comments:

Post a Comment