Monday 28 December 2015

[WEB NOVEL_REVIEW] [Behind] by alanndz

[LN_REVIEW]
[Title : Behind] [Genre : Action, Romance, Ecchi, Harem, Super Power, Magic, Mystery][Author : alanndz]
Pesan Jeff[D]kid : saat membaca review ini, terangilah kamarmu, dan baca dalam jarak yang aman.
Review 1 : prolog
Di bawah terangnya sinar rembulan, sosok jubah putih muncul dari balik kegelapan.  Hai..pembaca ketemu lagi dengan saya Jeff[D]kid, kali ini lagi-lagi saya akan mereview sebuah novel dari grup Light Novel Indonesia, sebuah grup Light Novel terbesar di Indonesia. meski mereka hanya terdiri dari kumpulan anak-anak dan remaja, tapi aku yakin mereka bisa menciptakan keajaiban kata-kata yang indah dengan caranya sendiri.  Naissu.. [nice]
            Oke, cukup kalimat pembukaan dari saya. saya akan mulai membahas bagian pembuka dari Ln karya allandz. Sebelumnya aku ingin minta maaf karena aku kadang mereview dengan cara yang kejam.
            Sebelum mereview bagian prolog saya ingin mengomntari judulnya, hmm judulnya memang keren,simple, dan lugu. Oleh karena itu saya tidak bisa menangkap pesan apa-apa dari judul ini, bahkan jika saya sambungkan dengan genrenya, pikiran saya masih buntu. Sekedar saran, tambahin lagi kata dibelakang judulnya seperti “Behind the scene atau apalah…”
Pertama, dalam kalimat pertama novel ini


Dalam mimpi seseorang...

kalimat ini sudah menggangguku, karena setelah kalimat sederhana ini, ada kalimat yang sangat mendramatisir yaitu “Gelap…dst”. Jujur saja kalimat tersebut mengurangi efek dari dramatisir dan kesan yang disampaikan, sangat disayangkan. Apalagi saat ia terbangun, terbukti author menggunakan sudut pandang pertama “Aku pun terbangun dari mimpi itu.” lalu kenapa dia menggunakan sudut pandang ketiga di awal kalimat, tanyakan itu pada penulis. Maaf tapi menurutku kalimat ini harus diganti atau direvisi.
Satu lagi, saat main character ini terbangun, sama sekali tidak ada efek kejutnya padahal ia terjatuh dengan sangat keras dari atas pohon, tapi pembawaannya sangat datar. Oke, Itu saja untuk prolog.  Jika sudah tidak sanggup membaca, tolong hentikan saja tapi saya tidak akan berhenti…Oke next!
Chapter 1
Typo: “membeli berbelanja?”
Bahasa Ln ini cukup sulit dipahami bagi mereka yang belum pernah membaca Ln jepang asli tapi sangat menarik bagi mereka yang sudah pengalaman. Pembawaannya juga terkesan lambat, jadi tolong jangan dibaca cepat-cepat. Lalu untuk novel bergenre action, sama sekali tidak ada actionnya disini kecuali bagian dia digantung. Akan tetapi kesan supranaturalnya sudah mulai terasa. Lalu sisi echi-nya juga tidak muncul[aku harap ini bisa muncul di chapter selanjutnya, paling tidak aku ingin melihatnya salah masuk kamar lagi lain kali], begitu juga dengan haremnya. Yang muncul malah adegan comedy-romantic[tapi ini bagian menariknya].  Untuk bagian mysterinya sendiri, ada sedikit yang menimbulkan penasaran, yaitu kekuatan alan.
Dari segi karakernya. Main karakternya ini punya penampilan yang luar biasa, tapi sifatnya sangat biasa. Saya sedikit heran kenapa tidak ada yang takut/minder dengan bekas luka itu, mungkin hal ini sudah biasa[paling tidak suruh seseorang menanyakannya]. Karakter selanjutnya yang menarik adalah shiori, aku tidak tau alasan dia memaksa alan tapi sungguh, apa dia tidak berpikir sedikitpun kalau didunia ini ada banyak orang yang vegetarian… next chapter…
chapter 2
Typo: behalu lalang
bagian pertama yang mau saya komentari, yaitu “terkena serangan jantung”. Mungkin kalimat ini sedikit kejam untuk digunakan dan tidak ada menariknya sama sekali. Mungkin kalimat seperti “tertusuk di jantung/anak panah menancap dijantung terdengar lebih menarik, apalagi ini adalah scene comedy.
Dan dia akan melakukannya terus menerus. Dan ini akan membuat gadis-gadis lainnya iri padanya. Dan seperti itulah mereka dua bertemu dan belanja bahan makanan.” Dan masih banyak Dan lagi dibagian depan kalimat, aku tidak tau ini gaya bahasa penulis atau ketidaksengajaan. Tapi tolong jangan buat saya bosan dengan hal itu.  
Dari perkembangan karakternya, sekarang aku tau kalau alan adalah sosok yang santai,  jika ditambah dengan rambutnya yang perak,  dalam gambaranku yang muncul adalah sosok D.grayman bukan silveryasha[gintama].          
Oke, echinya sudah terasa disini ketika adegan Pantsu[old but gold], lalu bagian terakhirnya ditutup dengan ide cemerlang dari alan, dari sini aku tau kalau alan orang yang cukup licik/pintar.  
Oke sampai sejauh itu saja saya akan mereview LN ini, karena jika terlalu jauh maka akan jadi Spoiler dan Ln ini akan kehilangan sisi menariknya, tugas berikutnya saya serahkan kepada pembaca tapi sebelum itu baca kesimpulan dibawah ini.

Kesimpulan (khusus untuk pembaca) : untuk anda yang menyukai cerita komedi romentis dengan sedikit bumbu echi saya akan menyarankan Novel “Behind” ini. pembawaannya santai dan tidak kaku, sepertinya penulis paham betul bagaimana LN jepang bekerja. Selain itu, karakter utamanya juga meski terlihat lemah pada awalnya, tapi ia mempunyai kekuatan yang sangat misterius, karakter pendukungnya juga punya sifat yang menarik.
Oke sekian review dari saya, jika ada salah kata saya mohon maaf sebelumnya,  maaf juga kalau terkesan seperti editor daripada tukang review, lalu kalau mau protes, protes saja ke Gorilla karena aku tidak bertanggungjawab. untuk lebih jelasnya silahkan baca sendiri di disini Keep sprit and see you…

Tertanda

Jeff[D]kid

No comments:

Post a Comment